BLANTERWISDOM101

Cara Menggunakan Mypertamina Saat di SPBU

Thursday, 30 June 2022

 

Cara Menggunakan Mypertamina Saat di SPBU

Rencana pembelian BBM menggunakan aplikasi MyPertamina akan segera dilaksanakan sebagai upaya mengefektifkan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Pemerintah berencana memperkenalkan sistem pembelian bensin melalui aplikasi MyPertamina khusus solar dan pertalite.
Lalu bagaimana cara membeli BBM dengan MyPertamina? Yuk, simak penjelasan lengkap Teknopobi di bawah ini!

Cara beli bensin menggunakan aplikasi MyPertamina

Untuk menerapkan aplikasi MyPertamina sebagai syarat pembelian bahan bakar minyak bersubsidi, seperti solar dan pertalite, pemerintah harus mengubah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.
Ke depan, masyarakat yang berhak mengisi bahan bakar dengan BBM bersubsidi, solar dan pertalite harus terlebih dahulu melakukan registrasi aplikasi MyPertamina.
Lihat cara beli Pertalite dan Solar dengan MyPertamina dengan mudah dan cepat
Selain itu, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan memverifikasi siapa yang berhak membeli minyak dan pertalite bersubsidi. 

Untuk yang belum diverifikasi, mereka tidak termasuk dalam kategori pelanggan Bahan Bakar Minyak (JBT) tertentu dan harus membeli bahan bakar konvensional atau non subsidi seperti Pertamax dan lainnya. Rencana ini dinilai sebagai upaya yang baik untuk memandu penyaluran subsidi BBM.
Setelah mendapatkan otorisasi, konsumen akan mendapatkan akses. Kedepannya masyarakat yang ingin membeli solar dan perthalite dapat mengakses form QR Code di aplikasi MyPertamina. 

Prosedur Pemakaian Mypertamina

Prosedurnya adalah sebagai berikut.

  1. Download aplikasi MyPertamina di Play Store.
  2. Daftar atau daftar dengan mengisi data pribadi Anda.
  3. Anda bisa mengaktifkan LinkAja agar bisa membayar cashless atau non tunai.
  4. Selanjutnya, saat melakukan pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina, tampilkan kode QR di    aplikasi MyPertamina Anda. Klik tombol "Bayar" untuk melakukan pembayaran.
  5. Masukkan PIN LinkAja.
  6. Klik menu "Lanjutkan".
  7. Tunggu notifikasi bahwa transaksi Anda berhasil.


Aplikasi MyPertamina juga dapat menampilkan lokasi SPBU Pertamina terdekat, memantau sistem pembelian BBM bulanan dan juga melakukan pembayaran BBM non tunai menggunakan aplikasi LinkAja. 

Berikut adalah ikhtisar cara membeli BBM menggunakan aplikasi MyPertamina yang disusun oleh Teknopobi dari berbagai sumber. Pembahasan implementasi aplikasi MyPertamina sebagai syarat pembelian pertalite dan solar di SPBU masih harus menunggu persetujuan Presiden Jokowi.
 

Share This :

0 Comments