BLANTERWISDOM101

Cara Membuat Flashdisk Bootable Menggunakan Rufus

Monday, 5 July 2021

Cara Membuat Flashdisk Bootable Menggunakan Rufus

Cara membuat flashdisk bootable menggunakan rufus

Cara membuat flashdisk bootable menggunakan rufus, sebagian orang saat melakukan proses instalasi ulang komputer mereka kebanyakan menggunakan CD/DVD windows/linux portable, entah itu windows/linux original ataupun bajakan. Tetapi di zaman sekarang penggunaan CD/DVD untuk melakukan instal ulang sudah tidak efektif lagi, mengingat kebanyakan produk terbaru laptop, macbook, netbook dan PC tablet tidak menyertakan CD/DVD room lagi pada perangkat tersebut.

Sebagai, sekarang proses instalasi banyak yang beralih menggunakan flashdisk atau flash drive, hal ini menjadi sebuah alasan yang lebih simpel dan praktis dibandingkan saat menggunakan CD/DVD.

Keuntungan saat menggunakan flashdisk bootable?

Menggunakan flashdisk yang dapat di-boot akan lebih menguntungkan, karena file instalasi akan lebih awet disimpan pada flashdisk, dibandingkan dengan CD/DVD, penggunaan berulang-ulang saat instalasi pada CD/DVD akan sedikit demi sedikit membuat kepingan CD/DVD akan menimbulkan goresan, hal seperti ini akan lebih menguntungkan. menjadi sebuah kendala saat instalasi seperti error/crash saat proses instal windows/linux.

Bagaimana cara membuat flashdisk yang dapat di-boot?

Untuk menggunakan flashdisk sebagai media instalasi, kita hanya perlu membuat flashdisk menjadi bootable, yaitu mengcopy file windows/linux yang berekstensi .iso pada flashdisk.

Lalu bagaimana caranya? menjadikan flashdisk menjadi bootable tidak hanya menjadikan file instalasi .iso dengan copy paste saja, mungkin kita bisa mengcopy pastekan file itu ke penyimpanan flashdisk, cara ini tidak akan bisa menjadikan flashdisk sebagai media untuk instalasi. Kita hanya perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menjadikan flashdisk menjadi bootable, mungkin ada banyak aplikasi untuk menjadikan flashdisk bootable, tapi untuk sekarang ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat flashdisk bootable menggunakan rufus .

Apa itu rufus?

Sebelum pembahasan inti, mungkin sebagian ada yang belum mengetahui apa itu Rufus. Rufus merupakan sebuah aplikasi besutan dari Pete batard, aplikasi ini berfungsi untuk menjadikan flashdisk ataupun perangkat penyimpanan lainnya menjadi bootable, aplikasi ini bisa anda unduh secara gratis di website resmi rufus.

Apa kegunaan Dari Rufus?

Seperti yang telah saya jelaskan di atas tentang fungsi Rufus untuk menjadikan flashdisk sebagai bootable, namun juga ada beberapa kegunaan Rufus yang lain, seperti :

  • Menjadikan perangkat menjadi instalasi USB yang dapat di-boot
  • Dapat bekerja pada perangkat yang tidak terinstal Sistem Operasi
  • Dapat melakukan flash BIOS dari DOS.
  • Dapat menjalankan utilitas tingkat rendah.

 Bagimana cara menggunakan Rufus?

Untuk selanjutnya adalah cara membuat membuat flashdisk bootable menggunakan Rufus,tetapi sebelum ke cara penggunaan Rufus, pastikan sudah mendownload Rufus terlebih dahulu, untuk aplikasinya sendiri tergolong mempunyai size yang kecil cuma 1,1 MB, dan bisa anda gunakan sesuai OS yang Anda pakai sekarang ini.

Bahan selanjutnya adalah file instalasinya seperti windows atau linux, dan wajib berekstensi ISO, dan untuk contoh yang akan saya gunakan adalah ubuntu, untuk yang belum mempunyai file ISO nya bisa anda download terlebih dahulu.

 Langkah-langkah menggunakan Rufus :

  • Setelah mendownload aplikasi Rufus cukup double klik pada aplikasi tersebut untuk membukanya.
  • Setelah terbuka, jangan lupa untuk mencolokan flashdisk ke komputer anda pastikan flashdisk dalam keadaan kosong.
  • Lalu Rufus akan otomastis membaca flashdisk yang Anda gunakan seperti kapasitas penyimpanan flashdisk dan yang lainnya.

Cara Membuat Flashdisk Bootable Menggunakan Rufus

  • Setelah itu pilih file ISO yang akan Anda jadikan bootable flashdisk dengan cara klik select terus cari file ISO nya di komputer kalian.

Cara Membuat Flashdisk Bootable Menggunakan Rufus

  • Setelah memilih file yang akan dijadikan bootable maka tinggal ke proses copying file ISO ke flashdisk
  • Langkah selanjutnya adalah klik tombol START, biasanya akan muncul peringatan sebelum proses, pilih saja OK
  • Setelah itu tunggu prosesnya hingga selesai
  • Selanjutnya setelah proses selesai maka status dalam aplikasi rufus ditandai dengan READY berubah berwarna hijau.
Cara Membuat Flashdisk Bootable Menggunakan Rufus

  • Proses selesai, flasdisk sudah siap digunakan untuk instalasi

Untuk proses instalasi operasi sistem menggunakan flashdisk bisa anda atur melaui BIOS, ubah dari first booting menjadi flashdisk.

Demikian tutorial cara menggunakan aplikasi Rufus untuk membuat flashdisk atau perangkat penyimpanan yang lain menjadi bootable. Untuk sistem operasi yang lain seperti windows ataupun MacOS caranya sama saja seperti tutorial diatas.
Share This :

0 Comments